6 Manfaat Madu Yang Harus Anda Ketahui

main image

Seperti yang diketahui bahwa madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Hal ini bisa dilihat dengan begitu banyaknya produk kecantikan dan obat-obatan yang menggunakan madu sebagai bahan dasarnya. Selain itu, madu juga sering dijadikan sebagai bahan campuran pada makanan dan minuman.

Madu mempunyai rasa manis yang khas karena mengandung monosakarida fruktosa dan glukosa yang lebih baik dibandingkan gula. Bukan hanya itu, madu juga mengandung kalori gula yang bisa menyerap lemak dengan baik, terutama saat dikonsumsi bersamaan dengan air hangat.

Madu mempunyai campuran senyawa fruktosa sekitar 38,5% dan glukosa 32%. Bukan hanya itu, madu juga memiliki kandungan karbohidrat seperti maltrosa, sukrosa, dan karbohidrat komplek lainnya.

Lalu apa manfaat madu? Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama-sama ulasannya dibawah ini.

  1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat madu yang pertama adalah memperkuat sistem imunitas tubuh. Menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu bisa merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh. Berkat adanya kandungan nutris pada madu, sehingga metabolisme dan stamina tubuh anda akan semakin meningkat.

  • Mencegah Diabetes

Manfaat madu selanjutnya adalah dapat mencegah diabetes. Perlu diketahui bahwa penyakit diabetes ini disebabkan oleh kadar gula darah yang terlalu tinggi akibat banyaknya mengkonsumsi makanan atau minuman manis. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa coba mengkonsumsi madu. Sebaiknya anda mengganti gula dengan madu sebagai pemanis. Karena madu ini mempunyai kombinasi fruktosa dan gula yang bisa membantu tubuh mengatur kadar gula darah.

  • Mencegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Madu mampu menangkal pertumbuhan sel-sel jahat dalam tubuh, termasuk kanker. Hal ini dikerankan madu mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Bukan hanya bermanfaat untuk mencegah kanker, madu ini juga bisa membanti mencegah pembentukan gumpalan darah di dalam tubuh, sehinga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

  • Menyembuhkan Luka

Manfaat madu lainnya adalah dapat menyembuhkan luka. Selain dikonsumsi, madu ini juga bisa digunakan sebagai obat luar untuk mengobati luka luar, seperti luka akibat jatuh atau luka bakar.

Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut :

Pertama-tama anda siapkan 2 sendok makan madu organik dan 1 sendok teh air perasan kunyit/kunyit bubuk. Lalu campur madu dan kunyit. Setelah itu oleskan pada bekas luka bakar. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit, lalu usap dengan menggunakan handuk basah atau kapas yang sudah dibasahi dengan air bersih

  • Menurunkan Kolesterol dan Berat Badan

Madu memiki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, termasuk untuk mengecilkan perut yang buncit. Selain itu, madu juga diyakini mampu menurunkan berat badan. Dalam mengaplikasikannya, anda bisa mencampurkan madu dengan air hangat serta perasan lemon atau jeruk nipis. Kedua bahan tersebut diklaim mampu sangat efektif untuk mengecilkan perut.

Yang mana, madu dan jeruk nipis atau lemon ini dapat mendorong pembakaran lemak secara efektif. Bukan hanya itu, kedua bahan ini juga mampu melancarkan sistem pencernaan. Dengan demikian, lemak dan sisa makanan tidak terlalu banyak mengendap di dalam tubuh anda.

  • Mengasi Jerawat

Selain bermanfaat untuk kesehatan, madu juga bermanfaat untuk kecantikan salah satunya adalah mengatasi jerawat. Adapun cara mengaplikasikannya adalah sebagai berikut :

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah cuci wajah dengan menggunakan air hangat. Kemudian kapas dan madu disediakan secukupnya, setelah itu kapas dicelupkan pada madu. Lalu kapas yang sudah diberi madu itu dioleskan pada area kulit wajah yang berjerawat dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Langkah yang terakhir cuci wajah dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

Previous Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>